Alasan Mengejutkan Anda Bertambah Berat Badan

Mengapa Weight Gain?
Alasan nyata untuk penambahan berat badan adalah mengambil lebih banyak kalori daripada biasanya atau mengurangi jumlah aktivitas fisik dalam hidup Anda. Namun, beberapa orang tampaknya bertambah berat badan bahkan ketika mereka makan dan berolahraga sama seperti biasanya. Mari kita lihat lebih dalam kemungkinan alasan untuk penambahan berat badan.
Tidak cukup tidur
Jika Anda tidak tidur, Anda memiliki lebih banyak kesempatan untuk menikmati camilan larut malam. Ini jelas. Namun, ada alasan lain mengapa kurang tidur mungkin menambah berat badan: perubahan biokimia dalam tubuh Anda akibat kurang tidur dapat membuat Anda lebih lapar dan membuat Anda merasa kurang kenyang setelah makan.
Menekankan
Kortisol, yang disebut "hormon stres," meningkat dalam tubuh kita ketika kita sedang stres. Hormon ini, pada gilirannya, meningkatkan nafsu makan kita. Tambahkan ke kecenderungan untuk meraih makanan yang nyaman pada saat stres, dan Anda memiliki kesempatan sempurna untuk kenaikan berat badan.
Antidepresan
Efek samping dari banyak obat antidepresan adalah penambahan berat badan. Meskipun Anda tidak boleh berhenti minum obat apa pun, Anda dapat berbicara dengan dokter Anda tentang mengubah rencana perawatan Anda jika berat badan mengganggu Anda. Beberapa orang mungkin mengalami kenaikan berat badan setelah perawatan obat bekerja, karena mereka mungkin dan merasa lebih baik dan memiliki nafsu makan yang lebih baik. Depresi sendiri dapat menyebabkan perubahan berat badan juga.
Steroid
Obat steroid seperti prednisone adalah penyebab berat badan yang terkenal karena retensi cairan dan peningkatan nafsu makan. Jumlah kenaikan berat badan tergantung baik pada dosis obat dan lamanya waktu yang dibutuhkan. Steroid juga dapat menyebabkan perubahan sementara dalam distribusi lemak tubuh, dengan peningkatan lemak di wajah, belakang leher, atau perut.
Obat-obatan yang Dapat Menyebabkan Berat Badan
Obat resep lain yang Anda ambil juga dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Contohnya termasuk obat antipsikotik yang digunakan untuk mengobati gangguan seperti skizofrenia atau gangguan bipolar, serta obat-obatan yang digunakan untuk mengelola kejang, migrain, diabetes, dan hipertensi. Anda dapat berbicara dengan dokter Anda tentang memilih opsi pengobatan yang memiliki lebih sedikit efek samping.
Jangan Cepat Untuk Menyalahkan Pil KB
Banyak wanita percaya mengambil kombinasi kontrasepsi oral (pil KB) menyebabkan kenaikan berat badan. Namun, tidak ada bukti ilmiah tentang hal ini. Beberapa wanita mungkin memiliki retensi cairan ringan saat meminum pil, tetapi ini biasanya bersifat sementara.
Hypothyroidism
Gejala kelenjar tiroid yang kurang aktif termasuk kelelahan, rasa dingin, dan berat badan bertambah. Memiliki kadar hormon tiroid yang terlalu rendah (hipotiroidisme) memperlambat metabolisme dan meningkatkan kemungkinan Anda akan menambah berat badan. Hypothyroidism dapat diobati dengan obat-obatan.
Jangan Salahkan Menopause
Sebagian besar wanita mendapatkan berat badan selama menopause karena sejumlah alasan. Penuaan memperlambat metabolisme, sehingga penambahan berat badan mungkin terjadi jika kebiasaan diet Anda tetap sama. Perubahan gaya hidup, seperti berolahraga kurang, juga bisa berperan. Menopause juga dapat mempengaruhi lokasi timbunan lemak di tubuh, meningkatkan kemungkinan menumpuk lemak di sekitar pinggang.
Sindrom Cushing
Sindrom Cushing adalah suatu kondisi yang ditandai dengan peningkatan kadar hormon kortisol. Ini dapat terjadi jika tubuh Anda membuat terlalu banyak kortisol atau jika Anda mengonsumsi obat steroid untuk asma, lupus, atau radang sendi. Kortisol berlebih dapat menyebabkan kenaikan berat badan dan peningkatan lemak di sekitar wajah, leher, pinggang, dan punggung bagian atas.
Polycystic Ovary Syndrome (PCOS)
Sindrom ovarium polikistik, atau PCOS, adalah kondisi hormonal yang mempengaruhi wanita usia reproduksi. Wanita dengan PCOS biasanya memiliki banyak kista kecil di dalam ovarium. PCOS menyebabkan ketidakseimbangan hormon yang dapat menyebabkan kelebihan rambut tubuh, jerawat, dan resistensi insulin, yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Di PCOS, kenaikan berat badan cenderung terjadi di daerah perut, meningkatkan risiko penyakit jantung.
Berhenti Merokok
Orang yang berhenti merokok mungkin mendapatkan sedikit berat badan. Kebanyakan orang yang berhenti bertambah 10 lbs. atau kurang. Alasannya beragam, Tanpa nikotin:

    
Anda mungkin merasa lebih lapar, meskipun efek ini cenderung hilang setelah beberapa minggu.
    
Metabolisme Anda mungkin menurun.
    
Anda dapat menikmati makanan lebih banyak atau merasakannya lebih enak, yang dapat menyebabkan overindulging.
    
Anda bisa makan lebih banyak makanan ringan berlemak atau bergula, atau minum lebih banyak alkohol.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar